Pilkades Serentak Kabupaten Probolinggo Digelar, Ini Hasil Pantauan Forkopimda dengan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri. - mediapamekasan.com

Kamis, 17 Februari 2022

Pilkades Serentak Kabupaten Probolinggo Digelar, Ini Hasil Pantauan Forkopimda dengan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri.

featured image





PROBOLINGGO, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) menggelar pemantauan virtual dengan platform zoom meeting untuk menyaksikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo, Kamis, (17/2/2022)





Kasubdit Fasilitas Administrasi Pemdes Kemendagri Ratna Andriyani memandu jalannya pantauan via zoom hari itu. Kegiatan ini dihadiri secara daring oleh Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0820 Probolinggo Arif Budi Cahyono, Kajari Kraksaan David Palapa Duarsa, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Agus Akhyudi, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto.





Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menjelaskan tentang situasi terkait kesiapan pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Probolinggo serta meninjau secara langsung pelaksanaan pilkades di Kabupaten Probolinggo





"Secara umum situasi Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo sampai sejauh ini aman dan seluruh TPS sudah siap menggelar kegiatan pemungutan suara", ungkap Plt Bupati Probolinggo





Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengungkapkan terkait pola pengamanan yang dilaksanakan oleh Polres Probolinggo dalam melaksanakan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo tahun 2022.





“Dalam pengamanan Pilkades Kabupaten Probolinggo, Polres Probolinggo dibantu dari BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Polres Jajaran Polda Jatim, Brimob dan Satuan Samapta Polda Jatim serta dari Kodim 0820 Probolinggo,” ucap Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi.





Disampaikan kepada tim pemantau Dirjen Bina Pemdes, Kapolres Probolinggo menjelaskan telah menggelar patroli bersama Forkopimda untuk melakukan pengecekan dan kesiapan keamanan dan penerapan prokes di beberapa TPS pilkades. Pengecekan tersebut dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan pemungutan suara pilkades serentak hari ini.





"Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo sejauh pemantauan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2021 dengan melakukan sejumlah tindakan strategis penerapan protokol kesehatan seperti diantaranya menyediakan tempat cuci tangan, penggunaan tinta tetes, dan disediakan bilik khusus bagi pemilih yang kedapatan memiliki suhu tubuh di atas 37, 3 oC.", pungkas Kapolres Probolinggo.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda